Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa


Mengupas sejarah dan rekomendasi film Jepang terbaik sepanjang masa. Di awali dengan sejarah perfilman Jepang  yang dimulai pada tahun 1910-1920an, negara Jepang merupakan salah satu negara tertua yang pernah memproduksi film, disamping Amerika dan Perancis. Dari sisi jumlah produksi, negara Jepang merupakan yang paling subur memproduksi film di tahun 1920 – 1930an, berdasarkan buku “The Story of Film” yang ditulis oleh Mark Cousins. Total perkiraan film Jepang mencapai lebih dari 400 judul film pertahun. Selain itu juga industri film Jepang mempunyai sistem perfilman yang mandiri.

Sutradara ternama Jepang, Akira Kurosawa menghasilkan film berjudul Rashomon pada tahun 1951 , telah memenangkan penghargaan perfilman di Venice, Perancis (Golden Lion).

Dunia industri film Jepang banyak mempengaruhi negara-negara lain, dengan mengadopsi atau membuat kembali film lawas Jepang. Sebagai referensi dan menambah pengetahuan kamu, saya akan menuliskan dan merekomendasikan beberapa judul Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa, yang sampai saat ini pun jika ditonton akan tetap melekat dan masih bisa diterima, setidaknya dari segi cerita. Apa sajakah film-film itu? Lanjut baca dibawah ini yah.

  • Seven Samurai (1954).
    Film yang dibuat oleh sutradara legendaris dunia ternama, Akira Kurosawa. Film ini merupakan salah satu film terkenal di dunia dan telah menginspirasi, diadaptasi dan di produksi kembali oleh berbagai rumah film baik itu di Jepang maupun diluar Jepang, termasuk Hollywood. Akira Kurosawa bisa dibilang jenius dalam hal komposisi frame. Alur cerita berjalan sangat baik sampai pada klimaks akhir film. Pertarungan terhebat dan cerita yang luar biasa heroik, tentang para petani desa menyewa para samurai (Ronin) yang berjumlah 7 orang, untuk membela desa mereka dari musuh.
    Konsep film ini adalah merekrut tim sebagai protagonis. Tema film ini menjadi pelopor banyak film-film terbaru dengan tema yang sama. Contoh film sekarang yang mempunyai konsep cerita yang sama adalah Fast & Furious, Mission Impossible, Ocean 12 dan Ocean 13, dan lain-lain.
  • Rashomon (1950).
    Film yang berpengaruh bagi dunia perfilman dunia ini dibuat oleh Akira Kurosawa, lewat film ini sutradara legendaris tersebut memenangkan Festival Film International Venice pada tahun 1951. Para sutradara dan pemerhati film modern sepakat bahwa film ini merupakan yang terbaik dalam hal konsep filosofi tentang keadilan.
    Melalui Akira Kurosawa yang senang bereksperimen dengan kamera dan pencahayaan buatan, ia berhasil menonjolkan sifat alami manusia yang kompleks. Film ini secara cerita dan teknis gambar sangat direkomendasikan untuk di tonton.
  • Spirited Away (2001).
    Film animasi atau disebut anime movie ini dibuat oleh Hayao Miyazaki dan diproduksi dibawah bendera Studio Ghibli. Film ini bercerita tentang seorang gadis kecil yang bertualang di hutan yang dihuni oleh para dewa, penyihir, dan roh halus, di hutan ini pula manusia bisa berubah menjadi mahluk buas atau monster. Film memenang penghargaan film paling ekslusif dan mungkin bisa disebut paling bergengsi di dunia, yaitu penghargaan Oscar.
    Dengan jumlah 56 kemenangan dari berbagai kategori dan 26 nominasi terbaik. Penghargaan ini cukup menjadikan referensi bahwa Sprited Away memang layak kamu tonton.
  • When The Last Sword Drawn (2005).
    Film buatan sutradara Yojiro Takita ini dibintangi oleh Kiichi Nakai. Bertemakan Drama, Action, dan Samurai. Film ini berceritakan tentang perjuangan sulit para samurai dimasa feodal, para samurai ini disebut Ronin yaitu samurai tanpa majikan yang harus dilayani.
    Emosi yang disampaikan ke penonton pun dapat tersampaikan berkat beberapa aktor kawakan dan alur cerita. Dilema para samurai antara harga diri dan kebutuhan perut sangat ditonjolkan difilm ini. Heroik dan sekaligus tragis menyatu dengan baik.

Itulah beberapa Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa, pemilihan film-film diatas tersebut murni subjektif saya pribadi dan sangat layak menjadi inspirasi bagi kita yang menontonnya. Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan kamu.