Panduan Pemula Bagi Kamu Yang Akan Pergi Ke Jepang


TipsĀ Bagi Kamu Yang Baru Pertama Kali Akan Pergi Ke Jepang

Baru pertama kali akan pergi ke Jepang? Bagi sebagian orang pergi ke Jepang adalah tantangan tersendiri. Selain faktor budaya dan bahasa yang bisa menyulitkan, banyak lagi hal lain yang harus kamu ketahui agar bisa beradaptasi dengan cepat disana, lebih cepat beradaptasi, lebih cepat menikmati perjalanan kamu bukan. Untuk antisipasi hal tersebut, sensei akan memberikan beberapa hal panduan khusus bagi pemula yang akan pergi ke Jepang.

  • Bahasa dan Tulisan.
    Mungkin kamu berpikir bahwa bahasa Jepang dan tulisan Katakana Hiragana atau Kanji bakalan bikin kamu nyasar gak bisa pulang? Memang tidak ada salahnya mempelajari bahasa Jepang sebelum kamu pergi, setidaknya hafalkan dan tuliskan kata-kata dasar saja, seperti misal petunjuk arah, pertolongan, salam, dan sebagainya. Semua petunjuk jalan di Jepang rata-rata sudah berbahasa Inggris, dan banyak juga warga yang bisa berbahasa Inggris.
  • Budaya dan Kebiasaan.
    Masyarakat Jepang mempunyai karakter efisien dan cepat, khususnya didaerah perkotaan. Mereka berjalan dengan cepat dan teratur, perhatikan jika kamu menaikin eskalator, berdiri lah disebelah kanan jika kamu tidak tergesa-gesa karena jalur kiri kamu hanya untuk orang yang akan bergerak cepat, jadi tidak menghalangi mereka yang sedang tergesa-gesa. Masih banyak lagi kebiasaan-kebiasaan lain dan hanya akan kamu temukan disana, watch and learn.
  • Makanan.
    Untuk kamu yang non-muslim, tidak akan terlalu kesulitan dalam memilih makanan. Tapi jika kamu muslim, harap perhatikan menu makanan yang akan kamu santap yah. Usahakan yang berlogo Halal, di Osaka dan Tokyo sudah banyak kok restoran yang berlabel Halal.
  • Cuaca.
    Jika kamu datang pada musim dingin atau panas, sesuaikan pakaian yang akan kamu bawa. Dan sebelum pergi pada saat sudah di Jepang, selalu cek aplikasi cuaca, karena 90% aplikasi cuaca buatan Jepang, akurat. Berdasarkan pengalaman Sensei.
  • Transportasi.
    Banyak orang-orang yang takut pada saat di Jepang kesulitan dalam hal transportasi. Jangan kuatir dengan adanya fasilitas aplikasi Hyperdia atau Google Maps hal itu bukan jadi masalah lagi, Sensei menggunakan Google Maps yang sangat akurat, pilihan alternatif mode transportasi dan biaya yang dikeluarkan sangat akurat. Transportasi di Jepang terbilang cukup mahal tapi semuanya terjadwal dengan tepat jadi tidak ada waktu yang akan terbuang, dan yang pasti nyaman. Yang tidak direkomendasikan adalah Taksi, terutama bagi Budget Traveller dan Backpacker.