Tips Sewa Mobil Di Jepang


Simak info dan tips sewa mobil di Jepang di bawah Ini. Jika kamu ke Jepang, menyewa mobil merupakan salah satu rencana yang harus kamu pikirkan matang-matang sebelumnya, karena disamping harga sewa lumayan tidak murah perjamnya dan biaya parkir yang mahal. Jepang terkenal dengan kemudahan transportasinya ditiap kota, baik itu bus, kereta dan kereta super cepat seperti Shinkansen.

Akan tetapi, jika kamu ingin bepergian ke suatu daerah yang sangat terpencil dan jarang terdapat transportasi seperti di pedesaan-pedesaan di pegunungan, menyewa mobil bisa jadi langkah yang tepat.

Disamping jarak yang hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, biaya parkir juga sangat murah bahkan gratis. Dan travel mengendarai mobil sendiri di negara yang kita tidak tahu juga menjadi keasikan dan keunikan tersendiri.

Bagaimana syarat untuk mengendarai mobil saat di Jepang?
Persyaratan utama bagi pengemudi mobil di Jepang adalah berumur 18 tahun dan keatas. Wajib mempunyai SIM Jepang atau SIM Internasional Driving Permit. SIM Internasional bisa didapatkan di Indonesia hanya saja SIM Internasional yang diterima di Jepang adalah berdasarkan Konvensi Jenewa 1949, karena Indonesia tidak meratifikasi konvensi tersebut jadi tidak berlaku di Jepang. Satu-satunya cara adalah mengajukan SIM Jepang dan kamu harus melakukan tes di kepolisian Jepang untuk mendapatkan ijin mengemudi tersebut.

Tips Mencari Penyewaan Mobil Di Jepang.
Di Jepang ada banyak sekali perusahaan yang menyewakan mobil, beberapa yang terkenal dan terpercaya adalah Toyota Rentacar, Orix Rentacar, Nissan Rentacar, dan Nippon Rentacar. Mereka mempunyai banyak cabang di beberapa kota di Jepang, dan bisa menjadi referensi buat kamu. Usahakan mobil yang akan kamu sewa mempunyai fasilitas navigasi atau GPS, hal ini penting sekali karena tentu saja kamu belum begitu mengenal daerah yang akan kamu kunjungi dan hal ini dapat meminimalisir tersesat dijalan dan menghemat waktu. Tarif untuk sewa mobil bisa naik saat musim liburan, khususnya di Hokkaido. SIstem penyewaan mobil biasanya dihitung perjam dan dimulai dari 6 jam sampai 12 jam. Jika kamu mengambil paket penyewaan dengan jam yang lebih lama maka akan lebih murah.

Biaya Sewa Mobil Di Jepang.
Untuk biaya penyewaan mobil di Jepang dimulai sekitar 5.000 Yen per jam untuk jenis mobil Kei Car atau mobil mini. Untuk mobil jenis ukuran sedang biayanya sekitar 10.000 Yen perjam dan mobil berjenis ukuran besar atau Van dipatok sekitar 20.000 Yen. Semua jenis penyewaan mobil wajib dikenakan biaya asuransi sebesar 1.000 per hari, asuransi yang didapat adalah resiko kerusakan atau cedera jika terjadi kecelakaan.

Nah, jika kamu sudah memutuskan untuk sewa mobil di Jepang untuk perjalanan kamu ada satu tips penting lagi, setelah kamu selesai dan mengembalikan mobil sewaan, kamu sebaiknya mengisi kembali tangki bensin penuh seperti semula. Untuk harga bensin per April 2017 di Jepang adalah sekitaran 100-an Yen per-liter. SPBU di Jepang banyak terdapat di tiap-tiap kota, biasanya untuk kota besar SPBU buka selama 24 jam, jadi tidak perlu khawatir akan kehabisan bensin.

Jika kamu berada di SPBU maka penting mengetahui tips ini agar memudahkan kamu untuk mengisi bensin. Pertama, saat kamu sudah berada di SPBU, parkirkan mobil kamu di dekat mesin, lalu kaca mobil dibuka, matikan mesin, kemudian bilang ke petugas: “Mantan” untuk mengisi bensin full tank, “Diesel” untuk jenis bensin mesin diesel atau “Regular” untuk jenis bensin biasa. Lalu terakhir, berikan kartu kredit atau berikan uang cash untuk proses pembayaran.

Itulah beberapa tips sewa mobil di Jepang, semoga bermanfaat.